Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Pemasaran
berasal dari kata pasar, sedang unsur-unsur pasar syariah antara lain :
![]() |
Unsur Manajemen |
1.
Barang dan jasa
Barang dan
jasa adalah unsur utama terbentuknya berbagai macam kebutuhan manusia,
2.
Mempunyai nilai
Dalam tujuan
dibentuknya pasar adalah nilai kepuasan yang tercapai diantara
transaksi-transaksi yang dilakukan.
3.
Transaksi dan pertukaran
Saat berada
di pasar, pastilah harus ada yang namanya transaksi atau pertukaran antara
penjual dan pembeli agar tercapai pemenuhan kebutuhan diantara mereka.
4.
Kebutuhan, keinginan dan harapan
Unsur pasar
ini berperan penting sebagai penggerak dalam diri seseorang untuk melakukan
transaksi.
5.
Rabbaniyah
6.
Terbebas dari keghararan,
Ketidak pastian
dalam pasar harus dihilangkan, apalagi unsur riba’
7.
Barangnya riil
Barang yang
digunakan dalam bertransaksi harus dalam wujud nyata, tidak mengada-ada agar
tidak ada unsur keraguan dalam transaksinya.
8.
Humanism (kemanusiaan)
9.
Akhlak
Tentu saja
unsur ini merupakan bagian muslim dalam bertransaksi dengan ajaran dari Nabi
SAW.
Tujuan pemasaran
adalah memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen
Setiap produk
yang ada di pasar mempunyai nilai tersendiri bagi konsumen, para konsumen akan
memilih produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan mereka
hingga tercapailah rasa kepuasan di pasar.
Entitas yang
dipasarkan :
1.
Barang
Merupakan suatu
entitas yang berwujud dan memiliki nilai transaksi.
2.
Jasa
Adalah entitas
yang tidak berwujud namun memiliki nilai untuk ditransaksikan.
3.
Pengalaman
Menjajakan pengalaman
kepada konsumen seperti tempat rekreasi.
4.
Event
5.
Orang
Orang terkenal,
memiliki jabatan diantara masyarakat bisa dijadikan entitas untuk dipasarkan.
6.
Tempat
Banyak lokasi
yang bisa dijadikan entitas karena keindahan alamnya atau sbg.
7.
Property (saham)
8.
Organisasi
9.
Informasi
10. Gagasan (ide)
Kekuatan
internal kemajuan ekonomi terdapat pada akuntansinya sedang kekuatan
eksternalnya adalah marketing. Akuntansi tanpa marketing akan terhambat
perkembangan ekonominya, marketing tanpa akuntansi akan mengacaukan ekonomi.
0 comments:
Post a Comment