Asal nulis saja, semoga apa yang di tulis di blog ini merupakan penjelasan yang mendapat Ridho Allah. Dengan kebodohan saya yang tak kunjung pandai.

Pengantar Materi Manajemen Pemasaran Syariah

Materi Kuliah Manajemen Pemasaran - Pemasaran berasal dari kata pasar, sedang unsur-unsur pasar syariah antara lain :
Unsur Manajemen


1.      Barang dan jasa
Barang dan jasa adalah unsur utama terbentuknya berbagai macam kebutuhan manusia,
2.      Mempunyai nilai
Dalam tujuan dibentuknya pasar adalah nilai kepuasan yang tercapai diantara transaksi-transaksi yang dilakukan.
3.      Transaksi dan pertukaran
Saat berada di pasar, pastilah harus ada yang namanya transaksi atau pertukaran antara penjual dan pembeli agar tercapai pemenuhan kebutuhan diantara mereka.
4.      Kebutuhan, keinginan dan harapan
Unsur pasar ini berperan penting sebagai penggerak dalam diri seseorang untuk melakukan transaksi.
5.      Rabbaniyah
6.      Terbebas dari keghararan,
Ketidak pastian dalam pasar harus dihilangkan, apalagi unsur riba’
7.      Barangnya riil
Barang yang digunakan dalam bertransaksi harus dalam wujud nyata, tidak mengada-ada agar tidak ada unsur keraguan dalam transaksinya.
8.      Humanism (kemanusiaan)
9.      Akhlak
Tentu saja unsur ini merupakan bagian muslim dalam bertransaksi dengan ajaran dari Nabi SAW.
Tujuan pemasaran adalah memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen
Setiap produk yang ada di pasar mempunyai nilai tersendiri bagi konsumen, para konsumen akan memilih produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan mereka hingga tercapailah rasa kepuasan di pasar.
Entitas yang dipasarkan :
1.      Barang
Merupakan suatu entitas yang berwujud dan memiliki nilai transaksi.
2.      Jasa
Adalah entitas yang tidak berwujud namun memiliki nilai untuk ditransaksikan.
3.      Pengalaman
Menjajakan pengalaman kepada konsumen seperti tempat rekreasi.
4.      Event
5.      Orang
Orang terkenal, memiliki jabatan diantara masyarakat bisa dijadikan entitas untuk dipasarkan.
6.      Tempat
Banyak lokasi yang bisa dijadikan entitas karena keindahan alamnya atau sbg.
7.      Property (saham)
8.      Organisasi
9.      Informasi
10.  Gagasan (ide)

Kekuatan internal kemajuan ekonomi terdapat pada akuntansinya sedang kekuatan eksternalnya adalah marketing. Akuntansi tanpa marketing akan terhambat perkembangan ekonominya, marketing tanpa akuntansi akan mengacaukan ekonomi.

Pengantar Materi Manajemen Pemasaran Syariah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blog Raden Shybly

0 comments:

Post a Comment